Hubungi kami sekarang

(0762) 323330

Jl. Lingkar Luar Bkn-BatuBelah

Bangkinang Kota

Jam Kantor: 07:30 pagi - 02:30 siang

rsud.bkn@gmail.com
29 May 2021 Admin 2 0 komentar 346 kali dibaca Artikel Kesehatan

Stay Positive, Stay Healthy! Tips Mengatasi Cemas Berlebihan Saat Masa Pandemi Covid-19

Ditengah pandemi Covid-19 seperti ini wajar muncul perasaan takut dan cemas berlebihan  yang dapat mengganggu aktifitas, pikiran, ekonomi, pendidikan bahkan hampir disegala  aspek kehidupan. Bila kondisi ini terus terjadi secara berkepanjangan maka akan mengakibatkan Generalized Anciety Disorder yang bisa beresiko terkena beragam penyakit kronis gangguan pernafasan hingga masalah jantung.

Berikut ini tips mencegah perasaan cemas dan takut yang berlebihan : 
1. Pilih  sumber berita yang akurat dan terpercaya, serta waspadalah dengan berita hoax atau mengada-ngada. Pastikan berita berasal dari :
- Kementrian Kesehatan RI
- Covid-19.go.id
- World Health Organization
- Centers for Disease Control and Prevention 

2. Tetap bersilaturahmi dan menjalin hubungan baik antar sesama.
Physical distancing bisa membuat kita putus hubungan dan dapat menimbulkan stres, bahkan muncul cemas berlebihan. Untuk itu ciptakan selalu komunikasi yang baik, bisa melalui telepon, video call, ataupun chatting agar kita tidak merasa sendiri.

3. Fokus terhadap hal-hal yg bisa kita kontrol seperti anjuran pemerintah Indonesia  yaitu :
- Mencuci tangan minimal 20 detik
- Tidak memegang wajah hidung mata dan mulut
- Menggunakan masker saat berpergian 
- Menghindari kerumunan

4. Ciptakan suasana hati dan kehidupan yg selalu bahagia dengan cara:
- Olahraga teratur 3-4 kali seminggu selama 30 menit
- Makan makanan yang bergizi dan minum yang cukup 
- Istirahat/pola tidur yang cukup dan berkualitas 
- Lakukan hal/hobi yang menyenangkan, seperti berkebun, memelihara binatang, atau menonton film
Tertawa dapat menghasilkan endorphin dan hormon yang membuat kita bahagia sehingga meningkatkan imunitas tubuh, dapat meningkatkan kepercayaan diri, dapat meningkatkan kreatifitas, bisa membuat kita lebih berfikir positif dan dapat menggali kemampuan diri (resilensi). Sehingga berdampak baik untuk kesehatan (Joe Bluett Laughter Consultand). 

Bila rasa cemas dan takut tidak kunjung hilang bahkan telah menggangu aktifitas dan kesehatan,  mintalah bantuan tenaga profesional  seperti dokter, dokter spesialis jiwa, psikolog, atau psikiater baik secara langsung atau secara online dimedia sosial yang terpercaya.
Hal yang tidak kalah pentingnya adalah mari kita tingkatkan kualitas ibadah kita  sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Semoga kita semua terhindar dari hal-hal buruk yang terjadi disaat pandemi Covid-19. Stay positive, stay healthy!

Sumber : Ns.Wini Marelvianof,S.kep

TAGS — Kesehatan | Psikologi | Motivasi |

0 Komentar

Leave this empty:

IGD 24 Jam

Buka sepanjang waktu untuk kenyamanan, akses cepat dan mudah

Fasilitas Terbaik

Pelayanan laboratorium yang hemat biaya, komprehensif dan klinis

Dokter Profesional

Dokter yang berkualifikasi dan bersertifikat untuk perawatan medis yang berkualitas

PANGGILAN DARURAT:

Berikan Ulasan
Image

Terimakasih sudah memberikan penilaian!