Hubungi kami sekarang

(0762) 323330

Jl. Lingkar Luar Bkn-BatuBelah

Bangkinang Kota

Jam Kantor: 07:30 pagi - 02:30 siang

rsud.bkn@gmail.com
20 Apr 2021 Admin 2 0 komentar 341 kali dibaca Artikel Dari Dokter

Yuk Kenali Radang Usus Buntu

Mungkin kita semua pernah merasakan nyeri pada perut kita, namun terkadang kita sering mengganggap biasa saja dan membiarkannya hingga akhirnya sembarangan mengkonsumsi obat-obatan. Untuk itu agar tidak salah lagi, maka perlu kita ketahui apa itu usus buntu.

Penyakit usus buntu merupakan peradangan yang terjadi pada usus buntu atau apendiks yaitu sebuah kantong berbentuk jari yang menonjol dari usus besar yang letaknya ada di sisi kanan bawah perut.


Berikut tanda dan gejala usus buntu :
1. Berawal dari nyeri di sekitar pusar berpindah ke kanan bawah
2. Mual muntah/perut terasa tidak nyaman
3. Kadang demam/panas badan meningkat
4. Bisa disertai diare/nyeri pada saat kencing
5. Kehilangan nafsu makan

Penyakit usus buntu terjadi karena rongga usus buntu mengalami infeksi. Dalam kondisi ini, bakteri berkembang biak dengan cepat sehingga membuat usus buntu meradang, bengkak, hingga bernanah. Banyak faktor yang diduga membuat seseorang mengalami radang usus buntu, di antaranya:
1. Fekalit/batu ginjal yaitu timbunan tinja yang keras yang menjadi penyebab utama seseorang dapat mengalami radang usus buntu
2. Pembesaran kelenjar getah bening
3. Cacing usus atau parasit
4. Kondisi medis seperti Tumor 
5. Infeksi saluran pencernaan

Radang usus buntu dapat terjadi pada semua usia, namun paling sering pada usia 10 sampai 30 tahun. Selain pada orang dewasa, usus buntu pada anak juga bisa terjadi. Penyakit usus buntu bisa disebabkan oleh sumbatan pada usus buntu, baik sebagian atau total. Hambatan usus buntu yang menyeluruh merupakan kondisi darurat dan perlu segera ditangani dengan tindakan operasi. Jika tidak segera ditangani dengan baik dapat menyebabkan komplikasi seperti :
1. Bolongnya usus buntu
2. Isi usus mengiritasi perut

Jika anda memiliki salah satu atau beberapa dari tanda-tanda dan gejala usus buntu di atas maka segeralah periksakan diri anda ke dokter. Jangan menunggu sampai parah ataupun menebak-nebak penyakit, karena itu akan dapat membahayakan diri anda. Tidak perlu ragu untuk ke rumah sakit dan memeriksakan kondisi kesehatan, karena bila tidak segera ditangani dapat membahayakan jiwa. Tentunya kita ingin yang terbaik untuk kesehatan kita kan, untuk itu anda dapat berkonsultasi ke dr. Amdasmar, Sp.B yaitu dokter spesialis bedah RSUD Bangkinang dengan jadwal praktek setiap hari senin - sabtu.


Sumber: dr. Amdasmar, Sp.B
(Dokter Spesialis Bedah RSUD Bangkinang)




TAGS — Kesehatan |

0 Komentar

Leave this empty:

IGD 24 Jam

Buka sepanjang waktu untuk kenyamanan, akses cepat dan mudah

Fasilitas Terbaik

Pelayanan laboratorium yang hemat biaya, komprehensif dan klinis

Dokter Profesional

Dokter yang berkualifikasi dan bersertifikat untuk perawatan medis yang berkualitas

PANGGILAN DARURAT:

Berikan Ulasan
Image

Terimakasih sudah memberikan penilaian!