Hubungi kami sekarang

(0762) 323330

Jl. Lingkar Luar Bkn-BatuBelah

Bangkinang Kota

Jam Kantor: 07:30 pagi - 02:30 siang

rsud.bkn@gmail.com
28 Oct 2021 Admin 2 0 komentar 102 kali dibaca Artikel Dari Dokter

Dapatkah Penyakit Stroke Dicegah?

RSUDBANGKINANG Stroke merupakan keadaan darurat medis karena sel otak dapat mati hanya dalam hitungan menit. Matinya sel otak menyebabkan bagian tubuh yang dikendalikan oleh area otak yang rusak tidak dapat berfungsi dengan baik. Penanganan yang cepat dapat meminimalkan tingkat kerusakan pada otak dan kemungkinan munculnya komplikasi.

Gangguan fungsi syaraf pada stroke disebabkan oleh gangguan peredaran darah otak non traumatik. Gangguan syaraf tersebut menimbulkan gejala antara lain: kelumpuhan wajah atau anggota badan, bicara tidak lancar, bicara tidak jelas (pelo), perubahan kesadaran, gangguan penglihatan, dan lain-lain.

Stroke merupakan penyebab disabilitas nomor satu dan penyebab kematian nomor dua di dunia setelah penyakit jantung iskemik baik di negara maju maupun berkembang. Sesuai tingkatannya, stroke bisa sampai menyebabkan kematian atau kecacatan yang otomatis mampu menurunkan status kesehatan dan kualitas hidup penderitanya.

90 % kasus stroke berhubungan dengan 10 faktor risiko yang dapat dicegah. Berikut ini langkah-langkah yang dapat kita lakukan untuk mencegah stroke, antara lain :
1. Rutin mengontrol tekanan darah
2. Melakukan olahraga ringan 5 kali seminggu minimal 30 menit
3. Makan makanan seimbang dan sehat (perbanyak buah & sayuran, kurangi garam)
4. Rutin mengontrol kadar kolesterol
5. Mempertahankan berat badan seimbang
6. Berhenti merokok dan menghindari asap rokok
7. Tidak mengonsumsi alkohol
8. Periksa dan obati penyakit jantung
9. Kurangi resiko diabetes
10. Dapatkan pengetahuan tentang stroke

Penyakit stroke ini dapat terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia. Mungkin saja stroke dapat berulang atau baru terjadi pada orang yang kita kenal dan sayangi. Jadi dibanding mengobati, akan jauh lebih baik jika mencegahnya sejak dini. Lakukan pemeriksaan rutin kepada dokter Anda. Jika berkonsultasi dengan dokter, dokter biasanya akan mendeteksi dan memberi tahu jenis faktor risiko terjadinya stroke yang ditemukan, serta akan menyarankan tindakan apa saja yang harus dilakukan untuk menghilangkan atau mengendalikan faktor risiko tersebut.

Saksikan dialog khusus di RTV mengenai Optimalisasi Treatment Pasien Stroke di RSUD Bangkinang yang akan tayang pada hari Jumat, 29 Oktober 2021 Pukul 20.00 WIB dengan narasumber dr. Elvina Zuhir, Sp.S dan dr. Erni Asiah, Sp.KFR.


Sumber : dr. Elvina Zuhir, Sp.S
(Dokter Spesialis Neurologi RSUD Bangkinang)

TAGS — Kesehatan |

0 Komentar

Leave this empty:

IGD 24 Jam

Buka sepanjang waktu untuk kenyamanan, akses cepat dan mudah

Fasilitas Terbaik

Pelayanan laboratorium yang hemat biaya, komprehensif dan klinis

Dokter Profesional

Dokter yang berkualifikasi dan bersertifikat untuk perawatan medis yang berkualitas

PANGGILAN DARURAT: