Hubungi kami sekarang

(0762) 323330

Jl. Lingkar Luar Bkn-BatuBelah

Bangkinang Kota

Jam Kantor: 07:30 pagi - 02:30 siang

rsud.bkn@gmail.com
29 Mar 2021 Admin 2 2 komentar 1,684 kali dibaca Artikel Dari Dokter

Sayangi Ginjal Kita Agar Tetap Sehat

RSUD Bangkinang - Ginjal adalah salah satu organ vital dalam tubuh yang sangat penting. Fungsi ginjal sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Ginjal terdiri dari sepasang yaitu ginjal kanan dan kiri yang masing-masing berukuran sekitar 10-12 cm dengan berat 200 gram, kira-kira besarnya sekepal tangan manusia.

Tugas dua ginjal dalam tubuh manusia sangat besar, diantaranya menyaring lebih dari 180 liter darah setiap harinya. Selain itu lemak, racun, kelebihan garam, cairan lain atau bisa disebut dengan limbah alias sampah ini diproses oleh ginjal dan kemudian dibuang dalam bentuk urin atau air kencing.

Fungsi ginjal lainnya adalah menjaga keseimbangan air dalam tubuh, mengatur tekanan darah dan kadar garam dalam darah, mengatur sel darah merah, mengatur keseimbangan pH darah, menjaga keseimbangan elektrolit dan mineral, serta mempertahankan kalsium tulang dan merangsang sum-sum tulang belakang untuk memproduksi sel darah merah.

Sampai saat ini, tidak sedikit orang yang mengalami kerusakan pada ginjal yang dikarenakan pola hidup tidak sehat, misalnya kurang minum, kurang istirahat, dan pola kerja yang buruk. Jadi bisa dibayangkan kalau ginjal ini berhenti bekerja, tubuh kita akan penuh dengan tumpukan sampah-sampah tersebut. Penyakit berat pun akan menghampiri, seperti kanker ginjal, gagal ginjal, dan sebagainya. Jika sudah mengidap gagal ginjal kronis misalnya, kita harus rutin cuci darah sebagai langkah pengobatan.

Jadi sebelum terlambat, yuk jaga kesehatan ginjal kita dengan cara-cara sederhana berikut ini :

1. Minum air putih yang cukup

Cara yang paling ampuh dalam menjaga ginjal adalah dengan perbanyak mengonsumsi air putih. Usahakan untuk mengonsumsi air putih setidaknya enam sampai delapan gelas perhari. Sebab, air putih bisa menetralkan racun di dalam tubuh sehingga bisa meringankan kerja ginjal dalam menyaring kotoran di dalam tubuh.

2. Perbanyak gerak dan kurangi duduk dalam jangka waktu lama

Usahakan selingi aktivitas duduk dengan melakukan aktivitas lainnya seperti berjalan atau peregangan sederhana. Akan lebih baik jika dapat melakukan olahraga secara teratur. Karena olahraga yang teratur akan membantu mempertahankan berat badan yang sehat, mencegah diabetes dan penyakit jantung, serta mengontrol tekanan darah dan kolesterol.

3. Tidur yang cukup

Dengan tidur yang cukup kita sudah membantu mengkoordinasikan kerja ginjal agar tetap terlaksana dengan tepat waktu.

4. Perhatikan asupan makanan

Memperhatikan asupan makanan yaitu dengan menerapkan pola makan sehat merupakan salah satu cara ampuh agar ginjal tetap sehat. Contohnya dengan mengurangi konsumsi garam, kurangi atau hindari makan junk food, mengonsumsi sayur dan buah organik, atau makan daging tanpa lemak. Tingginya kadar garam dalam tubuh dapat membawa dampak buruk bagi tubuh karena keseimbangan mineral dalam darah akan terganggu, kerja ginjal makin berat, dan secara langsung mempengaruhi fungsi ginjal.

Sehat itu sangat mahal. Oleh karena itu, jagalah ginjal kita dari sekarang. Menjaga ginjal tidaklah sesulit menyembuhkannya. 

 


Sumber dr. Muhammad Budiman, M.Ked (PD), Sp.PD, FINASIM

(Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSUD Bangkinang)

TAGS — Kesehatan |

2 Komentar

Leave this empty:

IGD 24 Jam

Buka sepanjang waktu untuk kenyamanan, akses cepat dan mudah

Fasilitas Terbaik

Pelayanan laboratorium yang hemat biaya, komprehensif dan klinis

Dokter Profesional

Dokter yang berkualifikasi dan bersertifikat untuk perawatan medis yang berkualitas

PANGGILAN DARURAT:




Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)


PPID atau Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi adalah Pejabat yang bertugas dan bertanggungjawab untuk melakukan pengelolaan dan pelayanan informasi publik, meliputi proses pengumpulan, penyediaan, pengklasifikasian, penyimpanan, pendokumentasian, dan pelayanan informasi beserta Dokumentasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah yang terdapat pada suatu Pemerintah Daerah dengan ketentuan yang berlaku.

Nama: Pesan:
Batal